Jumat, 24 Oktober 2014

Kuliner Wonosobo - Ayam Kosek Panjiwo

Berhubung pulang kondangan dari Ambarawa, ane dan temen-temen pengen nyoba tempat makan yang ada di jalan Temanggung-Wonosobo. Pemandangan di jalan ini bagus banget, karna di kanan kirinya kita bisa lihat dengan jelas Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing (kalo lagi engga ada kabut yaa..), jadi seolah-olah kita sedang berjalan diantara dua gunung. Selain disajikan pemandangan kedua gunung itu, banyak tempat makan berjejer di sepanjang jalan ini. Salah satu tempat yang kami hampiri yaitu Ayam Kosek Panjiwo.

Konsep resto ini semi indoor dan outdoor. Ane dan temen-temen memilih untuk makan diluar, selain pengen ngrasain hawa dinginnya Wonosobo, kita juga pengen makan sambil ditemenin pemandangan gunung Sumbing.

Gunung Sumbing dari Ayam Kosek Panjiwo

Menu yang ditawarkan disini adlah serba ayam, ya namanya juga Ayam Kosek. Ayam kosek itu sama kayak ayam penyet, cuma ayam dipenyet sama sambel cabe rawit, udah gitu aja, bedanya kalo ini ditaryh d i atas kosek. Kalo engga tau kosek itu apa, kosek itu ulegan yang buat ngehalusin bumbu. Well, untuk menunya kami pesan nasi liwet 1 ceting untuk 4 orang (14k), ayam kremes (15k), sayur asem (6k), ayam kosek (15k), tumis daun pepaya (8.5k), wedang jahe (5.5k), es teh (5k), es carica (9.5k). Harga disini menurut ane murah dan standar jawa tengah, hehe.
 Nasi Liwet disajikan sama alat masaknya, namanya ane lupa, hehe
 
 Ayam Kosek

 Ayam Kremes

Tumis daun pepaya

Menurut ane tumis daun pepayanya enak, rasa pahitnya engga begitu kerasa karna emang ane kurang suka sama yang pahit-pahit gitu. Selain daun pepaya, untuk sayurannya ane juga mesen sayur asem, dannnn sayur asemnya sueger banget.

 Wedang jahe, paling pas diminum anget2 di hawa yang super dingin sambil liat gunung Sumbing

Es Carica (Minuman khas Wonosobo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar